Senin, 09 Januari 2017

ANALISIS TES IQ MANUAL DAN TES IQ BERBASIS KOMPUTER

Sistem Informasi Psikologi 
ANALISIS TES IQ MANUAL DAN TES IQ BERBASIS KOMPUTER

Nama               : Picka Aprilianti Agus
Npm                : 16513855
Kelas               : 4PA11

1.      TEST IQ
Intelegent quotient  ialah angka yang mana menjelaskan tingkat kecerdasan seseorang yang dibandingkan dengan sesamanya dalam satu populasi. Definisi asli dari IQ adalah mengukur kecerdasan dari anak-anak.
IQ adalah sebuah rasio dari umur secara mental dibagi umur secara fisik dan dikalikan dengan angka 100. Umur secara mental dihitung berdasarkan dasar dari rata-rata hasil di dalam sebuah tes yang dibagi dalam setiap kategori umur. Setiap manusia mempunyai kemampuan dan potensi yang berbeda-beda. Masing masing potensi ini dapat digali dan diubah menjadi kreativitas dengan cara banyak berlatih, memperluas wawasan dengan banyak membaca dan mengembangkan sikap positif, sikap sukses maju dan berhasil. Saat ini, untuk mengetahui peluang sukses seseorang dikenal sebagai alat ukur.
Alat ukur tersebut diantaranya adalah dengan Test Intelegensi (IQ). Telah lama diikuti oleh pakar psikologi bahwa intelektual merupakan salah satu modal besar untuk meraih kesuksesan, tetapi disamping memiliki intelektual yang tinggi dibutuhkan pula kecerdasan untuk mengelola emosi yang tinggi pula, sebab jika IQ tinggi diharapkan mampu menguasai keadaan dan merebut setiap peluang yang ada, karena sumber daya manusia dituntut mempunyai keahlian dan ketrampilan dalam suatu bidang pekerjaan, salah satunya ditentukan oleh bakat mengelola intelegensi.

 2. ANALISIS TEST IQ MANUAL DAN TES IQ BERBASIS KOMPUTER
Seiring dengan berkembangnya ilmu teknologi pada era sekarang ini tentunya sangat berpengaruh pada perkembangan bidang ilmu lainnya khususnya bidang psikologi. Manusia yang hidup di muka bumi pun juga mulai semakin bergantung pada teknologi, namun memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hal tersebut sangat membantu kita dalam mengerjakan segala sesuatu.
Pelaksanaan tes Intelektual IQ secara manual mempunyai kelemahan yaitu dalam hal biaya dan waktu. Peserta yang ingin melakukan tes terkadang bingung harus melakukan tes dimana karena tes IQ tidak selalu diadakan oleh suatu badan pelaksaanaan tes. Apabila seseorang ingin mengikuti tes perorangan atau individual dengan datang ke biro-biro pelatihan tes IQ dan membutuhkan biaya yang mahal.   
   Kendala yang lain terletak pada masalah waktu, seseorang yang telah mengikuti tes Intelektual IQ terkadang ingin melihat hasilnya dengan cepat, namun pemeriksaan hasil tes secara manual ini membutuhkan waktu yang lama dan peserta tes kadang-kadang harus menunggu beberapa hari atau pun minggu untuk mengetahui hasil tesnya.
Dengan perkembangan teknologi informasi yang cepat untuk menangani persoalan tentang seseorang yang ingin mengetahui kecerdasannya perlu disediakan atau dibangun suatu jaringan komputer atau internet, serta dibangun suatu aplikasi web yang bisa melayani tes kecerdasan secara online. Karena dalam masa sekarang tuntutan kecepatan dan jarak untuk pelayanan informasi kepada masyarakat atau seseorang sangatlah diperlukan, itu administrasi, skoring pada tes IQ berbasis komputer terbilang sangat cepat dan praktis. Dengan adanya suatu sistem jaringan atau internet dan suatu aplikasi berbasis komputer web pada tes kecerdasan, akan dapat membantu mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada seseorang yang ingin mengetahui tingkat kecerdasanya.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa test IQ berbasis komputer memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan test IQ manual.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar