Senin, 05 Oktober 2015

Psikologi Managemen

Hey kali ini saya akan memposting apa yang saya pelajari dan diajarkan oleh dosen saya, saya akan merangkum dari materi psikologi  managemen yang dosen berikan kepada saya, tugas rangkuman ini saya kerjakan untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill. Semoga bermanfaat.
Definisi psikologi managemen
Psikologi managemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur atau me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.
Naah, pasikologi managemen, ada 2 kata psikologi dan managemen, apasih kaitannya psikologi managemen dengan psikologi , kebutulan saya sedang menjalankan bidang study di fakultas psikologi.
Hubungannya dengan ditemukannya dan dikembangkannya ilmu psikologi diketahui bahwa sumber unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun,dan pasalnya ilmu psikologi yang terpusat pada manusia mampu mengintervensi berbagai factor internal manusia seperti motivasi,sikap kerja keterampilan dan berbagai macam metode dan teknik bisa memproduktivitas perusahaan.
Selain itu, di dalam managemen atau perusahaan pasti ada terbentuknya organisasi. Organisasi menurut Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang dibawah atasan demi mengejar tujuan bersama. Dan organisa menurut Stephen P. Robins,menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) social.
Organisasi bisa ditemukan dibidang (industry) dalammanagemen ada dua macam
1.      Dapat dipandang sebagai system terbuka
2.      System di lengkapi oleh suatu batas system.
Fungsi managemen
1.      Perencanaan (planning)
Proses yang menyangkut upaya untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi
2.      Pengorganisasian (organizing)
Orang membuat strategi untuk bekerja,secara efektif dan efesien guna mencapai tujuan organisasi
3.      Pengarahan (directing)
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam lorganisasi serta proses memotivasi agar semua pihak dapat menjalankan tanggung jawabnya.
Pengawasan dan pengendalian (controlling)
4.      Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan di organisasikan dan di implesmentasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.


Di dalam psikolog manage nada yang namanya Komunikasi, nah komunikasi adalah proses pengiriman berita dari seseorang kepada orang lain dan di lakukan oleh dua orang atau lebih.  Dan ada juga unsur komunikasi yaitu : adanya pengiriman berita,penerima berita,berita yang dikir,fakta dan informasi,emosi dan fakta yang bercampur emosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar